Mengenal Jenis-Jenis Wire Clip Secara Detail

posted in: blog | 0

Anda yang menggunakan wire clip pada aplikasi Anda, apakah Anda sudah tahu apa saja jenis-jenis wire clip? Jika Anda belum mengetahui apa saja jenis-jenis dari wire clip dan ingin mengetahui informasi mengenai apa saja macam dari wire clip. Maka Anda mengunjungi tempat yang tepat. Karena Kami akan berbagi informasi apa saja jenis-jenis dari wire clip secara lengkap untuk Anda.

Namun sebelum mengetahui apa saja jenis dari wire clip ini, mari mengetahui apa itu wire clip. Wire clip adalah salah satu jenis alat rigging yang berfungsi untuk menahan dan mengikat tekukan mata wire rope. Agar wire rope tersebut dapat menjadi bentuk wire rope sling.  Wire Clip ini memiliki nama-nama yang bervariasi yang dikenal di Indonesia. Mulai dari  wire clamp, klem sling juga ada yang menyebutnya dengan kuku macan dan lain-lain. Tetapi untuk nama internasionalnya adalah wire clip.

Untuk jenis dari wire clip itu sendiri sangat beragam yang juga memiliki fungsi berbeda-beda. Secara umum di bagi menjadi 2 sudut pandang yaitu dari segi bentuknya dan juga finishingnya. Berikut jenis wire clip lebih lengkapnya :

Jenis Wire Clip Berdasarkan Bentuk

Dilihat dari bentuknya, wire clip ini terdiri dari 3 jenis yaitu :

  • US Forged

Wire Clip US Forged

Jenis wire clip yang pertama ini adalah jenis yang paling umum dan paling banyak digunakan pada aplikasi. Karena bentuknya yang lonjong dan ukurannya yang lebih besar membuat wire clip ini dapat mengikat wire rope yang lebih besar. Wire clip US Forged ini dibuat dengan finishing galvanis yang membuat jenis wire clip ini tahan terhadap korosi atau pengaratan. Sehingga dapat digunakan dalam semua lingkungan baik kering ataupun basah.

  • Fist Grip

wire clip fist grip

Tipe dari wire clip ini di desain sedemikian rupa untuk penggunaan fast installation atau dapat didesain untuk kecepatan dalam pemasangan. Karena baut berada di arah yang berlawanan sehingga dapat dikencangkan dalam waktu yang bersamaan. Baik oleh dua orang ataupun satu orang. Wire clip jenis ini kebanyakan juga di finishing dengan finishing galvanis yang membuatnya terhadap korosi dan pengaratan.

  • Heavy Duty ( Bulldog )

Heavy Duty ( Bulldog )

Heavy duty wire clip ini memiliki karakteristik badannya yang lebih besar dan juga lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis wire clip yang lain. Walaupun jenis wire clip Heavy Duty / Bulldog ini memiliki badan yang lebih besar dan tebal, tetap saja wire clip ini tidak disarankan untuk aplikasi mengangkat barang ( Lifting Application). Hanya disarankan untuk aplikasi ringan yaitu contohnya untuk Lashing ( Mengikat ) dan untuk membuat pagar dari Wire Rope.

 

Mengenal Jenis-Jenis Wire Clip Secara Detail

 

Dilihat dari sudut pandang finishing body atau badannya, jenis wire clip ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis wire clip yaitu diantaranya :

  • Galvanized Wire Clip

Sesuai dengan namanya, jenis wire clip galvanized ini adalah jenis wire clip yang difinishing dengan finishing galvanis. Jenis wire clip galvanis ini memiliki karakteristik yang tahan terhadap korosi dan pengaratan, sehingga dapat digunakan dalam keadaan lingkungan apapun.

  • Stainless Steel Wire Clip

Wire clip jenis stainless steel ini adalah jenis wire clip yang difinishing dengan finishing stainless steel 304. Jenis wire clip stainless steel ini memiliki karakteristik lebih kuat menghadapi korosi dan pengaratan, sehingga sangat cocok digunakan pada lingkungan yang rawan karat seperti di laut ataupun di pantai.

Nah setelah mengetahui jenis dari masing-masing wire clip ini, pastinya Anda sudah tidak bingung lagi untuk melakukan pembelian wire clip kan?

Jika Anda sudah tidak bingung lagi, Anda mau beli wire clip bisa dapatkannya di tempat Kami. Pembelian wire clip dalam jumlah banyak sekalipun Kami sedia untuk Anda. Hubungi Kami untuk informasi lebih lanjut.

Share