Jenis Rantai Dan Kegunaannya

posted in: blog | 0

Mengenal jenis rantai dan kegunaannya, wajib Anda baca informasi ini agar Anda bisa memahami lebih detail tentang rantai. Di informasi ini Anda akan bisa dapatkan secara lengkap mengenai tipe-tipe rantai, jenis rantai, kegunaan rantai dan fungsinya. Informasi ini akan membantu Anda yang butuh rantai namun bingung jenis rantai yang tepat untuk digunakan.

Namun sebelum mengetahui jenis rantai dan juga kegunaanya, perlu Anda ketahui pengertian rantai. Rantai adalah serangkaian link atau cincin yang saling terhubung berkaitan satu dengan yang lain. Sehingga terbentuk hingga memanjang. Biasanya terbuat dari logam, besi, tergantung keperluan dari pemakaiannya.

Secara umum, rantai digunakan untuk memindahkan beban atau tenaga dan juga dapat digunakan untuk mengikat benda agar tidak terjatuh. Semua fungsi-fungsi tersebut tergantung dari tipe dan jenis dari rantai itu sendiri. Namun semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan orang terhadap rantaipun semakin beragam dan manusia pun menciptakan jenis rantai yang berbeda sesuai fungsinya.

Adapun untuk jenisnya adalah sebagai berikut :

  • Rantai Baja
  • Rantai Besi
  • Rantai Plastik

Ketiga jenis rantai tersebut, tiap-tiap jenis rantai dapat dibagi lagi menjadi beberapa tipe, karena memang jenis-jenisnya banyak sekali. Berikut informasinya :

  • Jenis Rantai Baja Dan Kegunaan Rantai Baja

Rantai Baja merupakan rantai yang terbuat dari material Baja. Artinya dalam rantai tersebut terdiri dari campuran elemen-elemen yang elemen intinya adalah besi. Elemen-elemen yang biasanya dicampurkan menjadi material baja diantaranya Karbon, Mangan, Fosfor, Sulfur, Silikon, nikel, krom, molybdenum, boron, titanium, vanadium, niobium. Biasanya rantai baja ini digunakan untuk aplikasi Lifting ( Angkat ) dan Towing ( Tarik ) dengan beban yang berat.

*Tipe Rantai Baja

Perbedaan Rantai Baja Dan Rantai Besi Yang Perlu Anda Ketahui

Tipe rantai baja digolongkan menjadi 2 yaitu :

  • Rantai Baja Angkat / Tarik

Rantai ini dibuat khusus untuk aplikasi tarik dan juga angkat sesuai dengan namanya yang terdiri dari beberapa grade. Grade tersebut terdiri dari grade 80 dan grade 100. Semakin besar grade rantai tersebut, tentunya semakin besar juga daya angkatnya (WLL).

  • Rantai Jangkar

Tipe dari rantai ini khusus digunakan bersamaan dengan jangkar, karena memang sesuai dengan sebutannya. Ukuran dari rantai jangkar relatif lebih besar dari ukuran Rantai Baja. Karena disesuaikan dengan kegunaaanya pada jangkar yang besar yang diproduksi berdasarkan grade. Berbeda dengan sebutan pada rantai baja, rantai ini dibedakan menjadi Grade U2 dan juga U3.

  • Jenis Rantai Besi Dan Kegunaan Rantai Besi

Rantai besi merupakan rantai yang terbuat dari material besi. Artinya elemen utama yang terkandung didalam rantai ini adalah besi. Biasanya rantai besi ini digunakan untuk aplikasi yang lebih ringan dibandingkan dengan rantai baja. Rantai besi biasa digunakan untuk aplikasi lashing ( ikat ), light lift ( angkat ringan ) dan juga light towing ( tarik ringan ).

Untuk rantai besi dengan tipe tertentu juga biasanya digunakan sebagian orang sebagai dekorasi rumah, kantor maupun outdoor. Penggunaanya, rantai besi sangat tidak disarankan untuk pengangkatan dengan beban yang berat.  Karena rantai besi tidak memiliki kekuatan angkat ( WLL ) yang besar seperti rantai baja.

*Tipe Rantai Besi

Untuk tipe-tipe dari rantai besi ini terdiri dari 3 tipe yaitu :

  • Rantai Galvanis

Rantai galvanis adalah rantai besi yang dilapisi dengan lapisan Galvanis yang bahan dasarnya adalah seng. Adanya lapisan ini membuatnya lebih tahan terhadap karat dan juga korosi. Kekuatan dari rantai ini cukup kuat untuk mengangkat dan menarik beban,. Sehingga rantai ini biasa digunakan untuk jenis pengangkatan dan tarik ringan. Sesuai dengan keistimewaannya yaitu tahan terhadap karat, rantai ini dapat digunakan untuk aplikasi yang berada di daerah rawan korosi dan pengaratan, seperti : Laut, Pantai, dll.

  • Rantai Stainless Steel

Rantai Stainless Steel adalah rantai yang dilapisi dengan finishing stainless steel yang lebih berkilau atau berkilap rupanya. Di rantai ini terdapat kandungan stainless steel dengan nilai SUS 304 dan 316. Biasanya digunakan untuk aplikasi dapra, lashing, pemberat trawl, pagar, dekorasi dan lainnya. Kekurangannya rantai ini tidak bisa digunakan untuk aplikasi lifting karena memiliki nilai breaking load yang rendah. Sehingga hanya cocok digunakan sebagai penghias, pengikat dan pemberat saja.

  • Rantai Besi Standard

Rantai besi standard ini adalah rantai besi biasa yang tidak memiliki lapisan apapun. Tidak cocok digunakan pada daerah yang rawan korosi dan pengaratan. Kegunaannya hampir sama dengan rantai dengan finishing galvanis, yaitu untuk mengangkat beban ringan dan juga menarik beban ringan. Hanya saja, rantai ini tidak bisa digunakan pada  lokasi yang memiliki kadar garam dan asam yang tinggi, sehingga dapat menghancurkan besi.

Itulah jenis rantai dan kegunaanya. Semua jenis rantai tersebut Kami sediakan untuk Anda. Jika Anda butuh rantai ini hubungi Kami sekarang juga. Kami jual rantai kapal ke seluruh wilayah Indonesia.

Share