Cara Merawat Rantai Kapal Agar Tidak Cepat Rusak

posted in: blog | 0
rantai kapal

Cara Merawat Rantai kapal Agar Tidak Cepat Rusak – Pemeliharaan rantai jangkar memang tidak semudah merawat berbagai benda di sekitar kita, karena butuh cara yang benar agar tidak mengalami kerusakan. Untuk pemeliharaannya juga harus dilakukan secara terus menerus yakni saat kapal naik dok maupun dalam pelayaran.

Jika tidak secara terus menerus tentunya akan memberikan efek yang tidak baik pada rantai jangkar. Lalu Bagaimana Merawat Rantai Agar Tidak Cepat Rusak?
Rantai Jangkar adalah peralatan penghubung antara kapal dengan Jangkar. Rantai jangkar terdiri dari beberapa bagian panjang rantai yang dinamakan length atau segel. Setiap length atau segel rantai akan disambung satu dengan yang lain serta pada ujungnya terpasang Jangkar dan pada ujung yang dikapal terpasang pada bak rantai (Chain Locker) anjang setiap length/segel rantai oleh klasifikasi ada yang ditentukan 27,45 m dan ada yang 25 m.

Merawat rantai jangkar yang benar harus sesuai dengan waktu, untuk itu dalam merawat rantai jangkar bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan seperti :

A.Waktu Perawatan

Waktu perawatan rantai jangkar bisa dilakukan pada waktu tertentu seperti :

1.Saat Kapal Tidak dipakai
Ketika rantai jangkar tidak digunakan hal-hal yang bisa anda lakukan untuk perawatan antara lain:
•Rantai jangkar dan jangkar dikeluarkan dari ceruk rantai. Lakukan pemeriksaan dan ketok karatnya lalu kemudian di cat dengan black varnish
•Pada bak rantai atau ceruk rantai dibersihkan serta di ketok kemudian dicat dengan black varnish

2.Saat kapal berlayar
Khusus untuk rantai jangkar hal yang perlu anda perhatikan, ketika kapal berlayar adalah rantai jangkar perlu diadakan pemindahan rantai jangkar secara bergantian agar rantai jangkar terpakai secara merata. Caranya adalah dengan Rantai jangkar segel pertama dipindah ke segel yang terakhir.

B.Bagian-bagian yang harus diperiksa
Perlu dilakukan pemeriksaan di setiap potongan-potongan rantai jangkar yang terdiri dari segel dengan segel lainnya. Dengan panjang sekitar 25m.

C.Kemungkinan kerusakan

•Pengkaratan dan keausan rantai jangkar akibat pemakaian.
•Bengkoknya mata rantai jangkar akibat gaya-gaya luar
•Kocaknya atau hilangnya stud (sengkang) rantai jangkar
•Kelelahan material serta terjadinya keretakan rantai jangkar.
•Bengkoknya badan dan patahnya lengan jangkar.
•Langkah-langkah reparasi rantai jangkar :

D.Hal yang harus dilakukan ketika terjadi kerusakan

•Saat rantai jangkar akan direpasi, rantai jangkar diturunkan dahulu dan kemudian ditata agar mudah dikerjakan.
•Setelah rantai ditata, kemudian cat lama yang melapisi rantai jangkar dipisahkan dari rantai dengan cara dipukul menggunakan palu sampai lapisan cat terkelupas. Gambar. Membuang cat lama pada rantai jangkar
•Kemudian rantai dibersihkan dari debu dan karat menggunakan sapu lidi.
•Setelah itu dilakukan penggeseran segel dari segel yang paling utama hingga akhir.
•pengecatan rantai menggunakan cat anti corrosive dengan teknik kuas.

Itulah beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk merawat rantai jangkar, dan untuk pemeliharaanya dilakukan dengan :

1. Rantainya diketok dengan menggunakan palu untuk menghilangkan karat yang menempel.
2. Setiap pengedokan dicek diameter ketebalannya. Apabila diameternya berkurang lebih dari 12% maka harus diganti.

Jika anda membutuhkan rantai jangkar berkualitas yang tidak mudah rusak dengan harga yang sangat terjangkau silahkan hubungi kami Toko peralatan Kapal. Kami distributor resmi penjualan peralatan kapal terlengkap di Surabaya. Hubungi kami untuk mendapatkan rantai jangkar berkualitas.

Share