Jenis-Jenis Jangkar Kapal Beserta Kegunaannya Untuk Kapal

posted in: blog, Jangkar Kapal | 0

Mau tau informasi tentang Jenis-Jenis Jangkar Kapal Beserta Kegunaannya Untuk Kapal? Simak saja informasi yang akan Kami bagikan. Setelah Kami membagikan informasi mengenai jenis sling dan fungsinya, juga akan bagikan informasi jenis jangkar dan kegunaanya. Dengan tujuan agar Anda yang akan membeli jangkar kapal, bisa membelinya dengan mudah sesuai dengan fungsinya.Apalagi jenis jagkar yang sangat banyak yang perlu Anda perhatikan.

Meskipun secara umum jangkar digunakan untuk menahan laju kapal, dengan kata lain jangkar berfungsi sebagai rem kapal. Namun tentunya setiap jenis jangkar juga memiliki peran spesifik masing-masing yang berbeda-beda. Apa jenis dan fungsi jangkar tersebut?

  1. Stockless Anchor

Stockless Anchor ini merupakan jenis jangkar haluan yang digunakan pada kapal besar. Jenis jangkar ini sangat efektif bekerja yaitu pada saat jangkar diturunkan maka bagian lengan akan bergerak kearah bawah. Hal ini dikarenakan adanya engsel pada bagian mahkota jangkar ( Crown ) lengan dapat bergerak dengan sudut mencapai 45 derajat. Dengan posisi demikian maka bagian lengan jangkar akan menancap ke dasar laut lebih efektif.

  1. Danforth Stock Anchor

Danforth Stock Anchor merupakan jenis jangkar yang digunakan pada kapal-kapal. Khususnya untuk kapal yang memiliki panjang hingga 100 kaki. Untuk jenis jangkar ini memiliki daya cengkeram lebih baik dibanding dengan Stockless Anchor.

Dengan adanya tongkat jangkar menyebabkan kedua lengan jangkar tidak dapat menancap kedasar laut. Selain hal tersebut tiang jangkar tidak dapat langsung masuk ke Hawse Pipe ( Urlup Jangkar ) dikapal.

  1. Mushroom Anchor

Mushroom Anchor atau jangkar jamur merupakan jenis jangkar yang hanya digunakan untuk kapal – kapal tertentu. Biasanya digunakan pada kapal yang beroperasi didaerah perairan yang memiliki dasar yang berlumpur. Karena bentuknya menyerupai mangkuk maka jenis jangka ini sangat cocok dan dapat bekerja baik pada daerah lumpur.

  1. Jangkar Byers

Jangkar Byers adalah jenis jangkar konvensional stockless anchor. Jangkar ini digunakan umumnya pada kapal konvensional atau kapal komersil dan kapal pengangkut. Jangkar ini biasa tersedia dari ukuran 20 Kg sampai dengan 20 ton.

  1. Jangkar Union

Tipe jangkar yang kelima yaitu jangkar union. Jangkar Union pada dasarnya hampir sama dengan jangkar byers yang bisa digunakan pada kapal konvensional, kapal pengangkut dan kapal komersial. Berat yang dimilikinya pun sama yaitu sekitar 20Kg sampai dengan 20 ton.

Sudah mengerti kan Jenis-Jenis Jangkar Kapal Beserta Kegunaannya? Sudah paham jenis jangkar yang akan Anda beli?

Nah jika Anda masih bingung, tak perlu khawatir karena Kami Toko Peralatan Kapal UD.Samudra Jaya akan membantu Anda. Kami akan membantu menemukan jangkar kapal yang Anda butuhkan yang tentunya berkualitas. Yuk hubungi Kami sekarang !

Share